Kamis, 21 Juli 2011

..memilih pilihan hidup..

"ah, ngapain kerja sama orang, kita ga akan kaya, waktu habis, dll"
"berwirausaha itu tidak pasti, kalau rugi bagaimana?"
"gw ga mau deh jadi PNS, ga produktif, cuma datang ke kantor, gabut, terus dapat gaji" 

pernah dapet komen2 begitu? atau mungkin komen yang lain? siapapun berhak mengeluarkan pendapatnya masing-masing, cuma alangkah lebih baik jika kita berkata yang sudah kita pikirkan dan bermanfaat.. 

jadi karyawan, berwirausaha, PNS, ataupun melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya adalah sebuah pilihan pasca kampus yang akan atau sudah kita jalanin. keempat2 nya gak ada yang salah, semua punya sisi baik dan buruk masing-masing, terserah kita mau masuk yang mana, dan jangan sampai kita mengeneralisir, karena melihat PNS yang gabut, lalu kita bilang PNS gak baik, ini ga bener.. padahal yang salahkan bukan pekerjaan PNS nya kan? yang salah itu orangnya yang tidak optimal bekerja.. 

kita harus memilih salah satu yang menurut kita baik, dan alangkah baiknya jika pilihan itu sudah kita tentukan jauh sebelum kelulusan kita, cuma sayangnya sebagian besar mahasiswa kita baru akan memilih justru setelah wisuda, setelah kelulusan, makanya ga jarang kita lihat teman kita yang mencoba semuanya, daftar kerja iya, apply beasiswa juga, ditambah lagi iseng2 berwirausaha.. akhirnya ga ada yang dilakukan total, semua alakadarnya, ya hasilpun juga akan alakadarnya.. (yah kayak yang sekarang ane lakukan.. hehe..)
sekarang bagiku, menentukan pilihan itu dengan beberapa pertimbangan, ada minimal 4 hal yang jadi pertimbanganku dalam menentukan pilihan itu, apa aja, yuk mari.. di simak ya.. :
  1. keselamatan agama, ini penting. hidup cuma sebentar, dan jangan sampai hidup yang sebentar ini membuat kita lalai mempersiapkan kehidupan yang abadi. ya kan? makanya jika kalian bekerja namun untuk beribadah ga leluasa, maka lebih baik keluar dan cari yang lain. ah tapikan susah nyari kerja? hey, apakah selama ini kamu tidak sadar bahwa hidup mu itu sudah dijamin, Alloh ga mungkin menyia-nyiakan hambaNya yang sungguh-sungguh mendekat kepada Nya.
  2. ilmu, ini juga hal yang sangat baik. pilihan kita di pasca kampus juga harus mempertimbangkan apakah pilihan itu bisa menambah kelaitas ilmu kita atau tidak? bisa menambah wawasan atau tidak? dll. bagaimana mungkin kita akan menghadapi jaman yang dinamis ini dengan ilmu yang statis? maka pertimbangkan kualitas ilmu dalam pilihan kita.
  3. kesehatan. hal ini berkaitan dengan beban kerja yang akan kita lakukan, sesuaikah dengan kemampuan fisik kita atau tidak, kan ga lucu kalau kita dapat gaji besar namun kita sakit.. 
  4. gaji, yang ini, kita semua taulah, standar kita masing-masing pasti akan berbeda. 
oke, paling tidak itu empat hal yang jadi pertimbanganku dalam menentukan pilihan hidup selama ini, jangan risau, buktinya selama ini, aku masih hidup dan kebutuhanku senantiasa terpenuhi. pertimbangan kalian mungkin akan berbeda denganku, tergantung latar belakang hidup kita. cuma jadikan keselamatan agama juga sebagai pertimbangan kalian.  selamat berkarya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar