Jumat, 22 Juli 2011

Murtadin vs Muallaf

Alhamdulillah aku selalu bersyukur atas nikmat iman dan islam yang sudah diberikan sejak lahir. yah, walau ini adalah agama yang merupakan warisan dari orang tua, namun aku sangat meyakini kebenarannya, insyaAlloh. namun, hati ini akan selalu bergetar dan kagum dengan saudara-saudara muslim ku yang mendapatkan anugerah iman dan islam karena perjuangan dan pencariannya. mendengar kisah pencarian mereka sungguh mengagumkan, dari keraguan dalam konsep agama mereka, berdiskusi dengan seorang ustadz atau ulama, memeutuskan masuk islam, di kucilkan dari keluarga, terusir, dan lainnya. 

dan kemarin, akhirnya aku mencari pidato atau ceramah singkat tentang muallaf, alhamdulillah dapat di pakdenono.com, di situs itu ada ebook islam gratis, ada mp3, dan lain-lain.

ceramah yang paling aku suka adalah ceramah Murtadin vs Muallaf. dalam islam, murtadin adalah mantan umat islam dan kini telah keluar dari islam, sedangkan muallaf adalah mantan agama lain yang sekarang sudah masuk islam. dalam mp3 itu dihadapkan tiga orang murtadin dan tiga orang muallaf. nah beberapa hal yang bisa aku share diantaranya :
  1. orang yang mendapatkan anugerah iman dan islam umumnya adalah orang-orang yang benar menggunakan akalnya, mereka adalah mantan para aktivis gereja yang giat mendalami agamanya dahulu. namun semakin mereka mendalami, maka semakin muncul keraguan akan konsep ketuhanan dalam agama lamanya itu. keraguan ini membuat mereka giat mempelajari ilmu perbandingan agama, beruntung bagi mereka yang berani mendalami perbandingan agama dari sumbernya masing-masing. belajar agama islam ke ustadz, keingintahuan inilah yang akhirnya mendorong mereka memeluk islam.
  2. kalau kebanyakan muallaf adalah dahulunya aktivis gereja, kebalikannya justru terjadi pada orang murtadin. kelompok ini yang sudah masuk ke agama lain, bisa dipastikan dahulunya adalah bukan seorang ustadz atau ulama, hayo, adakah yang pernah dengar mantan ulama yang sudah murtad? kebanyakan orang yang pindah atau keluar dari islam adalah dahulunya adalah orang-orang yang pemahaman agama islamnya dangkal. makanya penting bagi kita untuk selalu membentengi diri dengan menuntut ilmu terus-menerus.
  3. kita mendapat anugerah islam adalah karena warisan orang tua, ini wajib kita syukuri. yah seperti warisan, banyak orang yang tidak memanfaat warisan ini dengan baik dan benar. hal ini diakibatkan karena ia tidak bersusah payah mendapatkan islam. tapi tidak sedikit juga yang memanfaatkan dan mengembangkan warisan islam ini dengan baik dan benar. berbeda dengan para muallaf yang mantan aktivis gereja, dahulu mereka adalah para umat kristiani yang taat maka setelah menjadi muslim ia juga akan menjadi taat dan akan memegang syariat islam ini dengan sangat kuat.
tiga hal ini yang aku bisa ambil dari ceramah yang aku dengar tadi malam, lumayan. bisa menggetarkan hatiku dan mudah-mudahan bisa meningkatkan kualitas iman di dada. amin.. selamat menyambut ramadhon teman-teman.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar